Tribun

Pilpres 2024

Tanggapan Ganjar Pranowo Soal Isu Dewan Kopral untuk Pencalonan di Pilpres 2024

Ganjar Pranowo meminta pendukungnya menahan diri ihwal munculnya Dewan Kolonel di DPP PDIP yang diduga untuk menjegal dirinya maju di Pilpres 22024.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tanggapan Ganjar Pranowo Soal Isu Dewan Kopral untuk Pencalonan di Pilpres 2024
Pemprov Jateng
Ganjar Pranowo meminta pendukungnya menahan diri ihwal munculnya Dewan Kolonel di DPP PDIP yang diduga untuk menjegal dirinya maju di Pilpres 22024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons rencana pembentukan Dewan Kopral untuk mendukung dirinya sebagai calon presiden (capres) 2024. Ganjar meminta pendukung dia menahan diri sebab yang menentukan capres di PDIP adalah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Saya minta semuanya bisa menahan diri," kata Ganjar di sela-sela rapat koordinasi kepala daerah PDIP di kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).

Dia meminta kepada publik agar tak terlalu merespons terkait rencana pembentukan Dewan Kopral tersebut.

"Publik tidak perlu merespon. Toh penentuan soal capres kan klo PDIP itu urusan ketua umum (Megawati). Yang kedua, yang menentukan juga partai," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania, Immanuel Ebenezer mengatakan pihaknya bakal segera mendeklarasikan Dewan Kopral untuk Ganjar. Rencananya, kata dia, Dewan Kopral tersebut akan dideklarasi di Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Barat (Jabar).

"Target secepatnya, mungkin akan deklarasi Jatim, Jateng, Jabar. Sedang rumusin bersama untuk lakukan deklarasi," kata Noel.

Noel bilang, pembentukan Dewan Kopral tersebut dilakukan bersama beberapa pendukung Ganjar dan dirinya ditunjuk menjadi ketua.

"Saya dan kawan-kawan dengan beberapa pendukung Ganjar, kemudian kita bikin Dewan Kopral ya sudah, menunjuk saya sebagai ketua Dewan Kopral," ujarnya.

Ia menuturkan rencananya pembentukan Dewan Kopral tersebut akan digelar pada Oktober 2022. Noel memastikan pembentukan Dewan Kopral tersebut bukan tandingan terhadap Dewan Kolonel untuk Puan.

"Oktober sudah terbentuk. Setelah kita baca, kita bentuk Dewan Kopral. Ketika dianggap tandingan dalam konteks negatif tidak, kan kita kompetitif dalam gagasan," ungkapnya.
Lebih lanjut, Noel menegaskan Dewan Kopral memiliki program dan struktural kepengurusan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas